» BERITA DAN ARTIKEL » UJI KUALITAS UDARA EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR

Senin 28 November 2016
UJI KUALITAS UDARA EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR
Oleh Administrator
  • Dibaca : 1218 Kali

UJI KUALITAS UDARA EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR

Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, lalu lintas dalam hal ini kendaraan bermotor, mempunyai andil yang sangat besar dalam memberikan kontribusi pada polusi udara. Konstribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%, bandingkan dengan industri yang hanya berkisar antara 10-15%. Sedangkan sisanya berasal dari rumah tangga, pembakaran sampah, kebakaran hutan dan lain-lain. Polusi udara umumnya diberi batasan sebagai udara yang mengandung satu atau lebih zat kimia dalam konsentrasi yang cukup tinggi untuk dapat menyebabkan gangguan pada manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan dan harta benda.

Kota Sidoarjo adalah salah satu kota besar yang mengalami tingkat polusi dari asap kendaraan yang cukup tinggi, Polusi dari asap kendaraan di Sidoarjo bukan hanya disebabkan oleh jumlah kendaraan bermotor yang kian meningkat pesat, tetapi juga banyak kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, disamping kualitas bahan bakar yang masih mengandung timbel (Pb), sehingga menghasilkan emisi yang dapat mengganggu kesehatan. Maka dari itu BLH Sidoarjo mengadakan Uji Emisi Asap Kendaraan Bermotor yang diselenggarakan pada Sabtu, 22 November 2016 yang berlokasi di Parkir Timur Gor Sidoarjo. Petugas BLH Sidoarjo dan dibantu oleh personil Dishub kab.Sidoarjo, Polresta kab.Sidoarjo dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Beberapa perusahaan otomotif juga ikut serta ambil bagian dalam Uji Emisi ini diantaranya Pt. Global Quality Analitical, Toyota Astra Motor, Astra International Daihatu dan Izusu Astra Motor Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas udara emisi gas buang kendaraan bermotor dan mensosialisasikan pentingnya menjaga emisi kendaraan agar tidak melebihi ambang batas baku mutu yang telah ditetapkan dalam permen lh no 5 tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor dan uu no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Adapaun data hasil Uji Emisi gas buang yang sudah dilaksanakan terdapat 3 mobil yang melebihi baku mutu yang telah ditetapkan dari jumlah 50 kendaraan yang telah diuji hampir semua adalah kendaraan pribadi hanya 3 diantaranya kendaraan umum.

------------
© 2017   BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SIDOARJO

TERKAIT BERITA DIATAS


BEYOUND COMPLIANCE 2016
BIMTEK PENGELOLAAN B3 DAN LB3
IPAL KLHK
(GAUL) Gerakan Aksi Untuk Lingkungan
Pelatihan Instrument AAS
Bintek Implementasi Peraturan Perundang-undangan
Pemeriksaan oleh Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan terhadap Peralatan dan Bahan Kimia Baru
Pencemaran Sungai Buntung
Pencemaran Lingkungan
Pembuangan Limbah Pabrik Melanggar
Limbah Pengeboran Yang Tak Terkendali PT.Lapindo
Bencana Tambang Bumi


LINK RELASI

KATEGORI BERITA

RANDOM BERITA

IPAL KLHK
11 Mei 2016

IPAL KLHK

Dapatkan Arsip Berita